Kamis, 17 Mei 2012

PERBEDAAN DALAM INDIVIDU

1. Potensi yang berbeda (kemampuan)
     a. potensi aktual : potensi yang terbaik.
     b.ptensi laten : potensi yang tidak tampak
 Satu individu dengan individu lain memiliki potensi yang berbeda, maka menjadi variasi yang beragam yang dikarenakan ada kesempatan.
  • Perbedaan dalam psikologi pendidikan yaitu kemampuan untuk memunculkan bakat yang terpendam.
  • Individu mempunyai proses dalam menuu bakat, dalam proses itu terdapat umur mental (MA), umur tahun (CA), dan kecerdasan (IQ). Kecerdasan adlah awal dari bakat yang harus dikembangkan, maka pihak sekolah harus berupaya mengembangkan bakat tersebut.
  • Perkembangan biologis seseorang akan mempengaruhi perubahan psikologisnya, sehingga masing-masing individu mempunyai kebutuhan biologis yang berbeda.
  • Perkembangan sosial adalah perkembangan yang paling tampak dari belajar.
  • Orang cerdas adalah orang yang perkembangan biologis dan psikis nya seimbang.
2. Kepercayaan keluarga dan tradisi
  • Tradisi-tradisi adalah kebiasaan-kebiasaan yang ada didalam keluarga itu.
  • Peranan maksud terjadi pada masng-masing individu dalam perannya sebagai makhluk berkebutuhan sosial. 
  • Implikasi umum (motivasi/dorongan dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan)
  • Tujuan dari semua itu adalah untuk menjadi atau mencapai KEDEWASAAN baik biologis, psikis, dan sosialnya.
Orang tidak mencapai kematangan penyebabnya adalah adanya faktor-faktor penghamabat sehingga orang ini tidak dewasa. Orang yang tidak dewasa tidak dapat mengontrol emosi negatif. Emosi itu penting, karena emosi memberi warna dalam hidup, jadi dala  pembelajaran, kita uga sebenarnya mengembangkan emosi. Emosi (+) dan emosi (-). Ada hal-hal yang mempengaruhi emosi adalah sebuah cita-cita. Jika emosi berubah menjadi "emosional" akan menjadi tidak baik,karena kontrol dirinya tidak ada/tidak bisa. Akibatnya tmbuh kembang tidak baik (mempengaruhi biologis dan psikologis) mengakibatkan kcerdasan terhambat.
  • Tumbuh kembang : ada perubahan menjadi kearah yang lebih baik (kedewasaan).
  • Pertumbuhan pengamatan, pengamatan itu adalah melakukan analisa yang kemudian dijadkan kesimpulan.
  • Mengamati => berbuat untuk melakukan perbuatan =>perbuatan ini adalah menuntut orang untuk belajar. Sesuatu ini adalah untuk mendapat pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar